Apa Itu VPN: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Contoh

 Apa Itu VPN: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Contoh


Apa itu VPN ?, Pertanyaan ini sering saya dengar/lihat, entah kala saya tengah hangout di internet layaknya di forum komunistas pc atau social media, atau kala hangout di dunia nyata. Oleh dikarenakan itu, Jejak Waktu dapat menyebutkan dengan lengkap apa itu VPN, cara kerja, manfaat, dan lebih dari satu poin penting lain yang kudu Anda ketahui.


Pengertian VPN

VPN, singkatan berasal dari Virtual Private Network, adalah teknologi jaringan yang sediakan koneksi yang safe lewat jaringan publik layaknya Wi-Fi dan Internet, atau jaringan teristimewa yang dimiliki oleh perusahaan penyedia fasilitas internet.


VPN umumnya digunakan oleh perusahaan, pemerintah dan organisasi militer untuk memelihara knowledge peka mereka kala tengah memakai jaringan. Namun, kala ini penggunaan VPN secara teristimewa juga semakin meningkat dikarenakan dapat memelihara identitas dan privasi pengguna kala berselancar di internet.


Cara Kerja VPN Vpn terbaik

Normalnya, kala Anda membuka ke internet, Anda terutama dahulu membuka ke ISP, selanjutnya ISP menghubungkan kamu ke web apa-pun (atau sumber daya lainnya di internet) yang mendambakan kamu kunjungi. Semua selanjutnya lintas internet Anda melalui server ISP, dan dapat dilihat oleh ISP.


Namun disaat kamu memakai VPN, teknologi ini dapat menyebabkan tunnel (terowongan) yang safe antara pc kamu dengan pc server yang kamu akses. VPN juga dapat menyembunyikan alamat IP asli kamu dibalik tidak benar satu IP provider VPN. Selain itu, VPN dapat meng-enkripsi semua knowledge kamu dan sesudah itu dikirim melalui tunnel safe yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi web secara bebas dan anonim (menggunakan identitas yang tidak dikenal).



 

Berikut ilustrasi perbedaan kala Anda memakai atau tidak memakai VPN:


apa itu vpn, cara kerja vpn

Manfaat VPN

Ada banyak fungsi kala memakai VPN. Beberapa yang paling umum adalah sebagai berikut:


1. Mengganti IP Asli dengan IP Anonim

Salah satu fungsi VPN adalah memelihara IP asli pengguna dengan cara menyembunyikannya dan mneggantinya dengan IP server VPN. Sederhananya, disaat Anda membuka ke VPN, maka IP asli Anda (yang diberikan oleh ISP) digantikan dengan tidak benar satu IP server VPN.


Misalnya, IP kamu adalah IP Indonesia 36.85.1.79. Lalu Anda memakai VPN server Amerika maka IP Anda dapat berubah menjadi 2.354.452.2. Dengan ini, Anda tidak cuma dapat membuka web yang diblokir di Indonesia, tapi IP asli Anda juga dapat senantiasa anonim dan lebih-lebih ISP tidak dapat melacak jejak Anda.


2. Mengenkripsi Data Anda

Enkripsi adalah suatu metode untuk mengkodekan knowledge sedemikian rupa sehingga cuma pihak yang berwenang yang dapat mengaksesnya, dan VPN merupakan alat paling baik untuk mengenkrpsi data.


Bila kamu mentransfer knowledge lewat internet, knowledge selanjutnya dapat dikirim di dalam bentuk paket. Paket-paket knowledge ini dapat dengan gampang disadap oleh barang siapa yang memakai program-program simple yang ada di internet. Misalnya, Anda mengirim surat ke pacar kamu lewat temannya, surat itu tidak dimasukkan kedalam amplop, sehingga barang siapa dapat membuka dan membacanya.


Tetapi bagaimana terkecuali kamu menulis surat di dalam bentuk kode yang cuma pacar kamu yang dapat memahaminya, selanjutnya sertakan surat selanjutnya di dalam amplog dan sesudah itu memberi segel terhadap amplop tersebut. Dengan cara ini, tidak dapat ada yang dapat membukanya.


3. Menghindari Sensor dan Geo-Restriction (Pembatasan secara Geografi)

Saat ini, sensor dan pembatasan hak-hak kebebasan di dalam berkata di internet meningkat dengan cepat, baik itu ditunaikan oleh pemerintah, atau pihak-pihak tertentu. Di banyak area di dunia, Anda tidak diperbolehkan untuk mengekspresikan anggapan dan pendapat. Oleh dikarenakan itu, penggunaan VPN juga meningkat dengan cepat.


VPN merupakan solusi paling baik untuk menjauhi Sensor dan Geo-Restriction. Jika Anda berada di negara layaknya Uzbekistan atau Republik Kongo, di mana mengutarakan pendapat terlampau dilarang, maka Anda dapat memakai VPN dan memakai server negara lain layaknya Amerika atau Inggris. Dengan demikian, Anda dapat dengan gampang membuka web yang diblokir dan mendapatkan hak kamu di dalam berkata dengan bebas.


4. Mengakses Website dan Apps yang Diblokir berasal dari mana saja dan kapan saja

Beberapa negara atau area memblokir konten (misalnya video atau informasi tertentu) mereka sehingga tidak dapat diakses berasal dari luar. Hampir tidak mungkin untuk membuka konten tersebut, terkecuali kamu berada di area selanjutnya secara fisik.


Namun dengan VPN, Anda dapat membuka konten-konten tersebut. Cukup dengan cuma menyamarkan IP kamu dengan tidak benar satu IP negara tersebut, maka Anda dapat membuka konten yang cuma dapat di akses berasal dari di dalam negara selanjutnya dikarenakan sistem dapat mendeteksi terkecuali kamu berada di negara selanjutnya (meskipun sesungguhnya kamu tidak disana).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inovasi Kontainer: Mewujudkan Desain Ruang yang Elegan

Nada Dering atau Nada Anda

Konsultan Pajak - Membantu Membayar Pajak Sesedikit Mungkin