Muara Takus, Candi Tertua di Sumatera

 


Candi Muara Takus merupakan salah satu peninggalan bersejarah di Riau. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Buddha Sriwijaya. Selain itu, candi ini juga merupakan candi tertua di Sumatera. Namun hingga kini, belum ada bukti sejarah yang menunjukkan kapan candi tersebut dibangun.

Muara Takus merupakan salah satu bangunan suci umat Buddha di Riau. Candi ini terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Riau, Indonesia. Situs ini terletak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Situs Candi Muara Takus dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm. Sedangkan di bagian luar juga terdapat tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini hingga ke tepi Kali Kampar Kanan. Di kompleks tersebut terdapat beberapa bangunan candi yang disebut Candi Sulung atau (candi tertua), Candi Bungsu atau (candi Bungsu, Stupa Mahligai dan Palangkaraya.

Untuk melestarikan candi, Pemerintah Provinsi Riau menganggarkan dana Rp16,9 Miliar untuk pemugaran candi Muara Takus di Kabupaten Kampar tahun ini. Sebelumnya, pada tahun 2009, Candi Muara Takus juga pernah dinominasikan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Berita Pekanbaru Terkini memberikan informasi lebih lanjut untuk wilayah Pekanbaru dan sekitarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inovasi Kontainer: Mewujudkan Desain Ruang yang Elegan

Nada Dering atau Nada Anda

Konsultan Pajak - Membantu Membayar Pajak Sesedikit Mungkin